Langsung ke konten utama

Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer

Arsitektur Komputer :
            Kajian yang cenderung tentang atribut-atribut system computer yang terkait dengan seorang programmer.

Organisasi Komputer :
Bagian-bagian yang terkait dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun system computer dalam merealisasikan aspek arsitektur.

 Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program
contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

# apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.

Ø  Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda

Ø  Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi artinya Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. contoh :

ü  Semua intel family x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
ü  Family IBM system/ 370 memiliki arsitektur dasar yang sama
ü  Organisasi antar versi memiliki perbedaan.

1.    Arsitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (Visible) bagi seorang program.
Contoh Atribut Arsitektural Adalah :set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.
2.    Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
Contoh Atribut Organisasional Adalah :rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.
Arsitektur Komputer :
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
1.    Set instruksi (ISA)
2.    Arsitektur mikro dari ISA, dan
3.    Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Organisasi Komputer :
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol

Perbedaaan Utamanya :
Organisasi Komputer :
-    Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
-    Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control
Arsitektur Komputer :
-    Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer

-    Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur dan Karakteristik Kabel UTP dan STP

KABEL UTP UTP atau sering disebut  Unshielded Twisted Pair , adalah sebuah kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar mentega tembaga. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel  Shielded Twisted-pair  (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik. Karakteristik Kabel UTP Ø      Terdapat pelindung kabel. Ø      Maksimal Bandwith 100 Mbps. Ø      Maksimal panjang kabel 100 meter, jika pemakaian kabel lebih dari 100 meter dibutuhkan sebuah repeater atau pengulang. Ø      Memakai soket RJ-45 (Registered Jack). Ø      Terdiri dari 4 pasang kabel yang be...

Cerpen Fisika - Gelombang

BERLIBUR KE PANTAI KUKUP Karya Gusti Bintang Kusumaningrum Libur telah tiba, aku bersama keluargaku sudah merencanakan tempat wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan disana, Pantai Kukup adalah tujuan kami. Kami memilih berlibur ke pantai karena udaranya yang sejuk, dan nyaman sebagai tempat untuk refreshing . Hari Sabtu pagi, mobil kami meluncur ke arah selatan ke daerah gunung kidul Yogyakarta, selama kurang lebih lima jam kami berada didalam mobil, aku mulai merasa penat, biasanya jika ingin menghilangkan penat dan menaikkan mood ku aku pasti mendengarkan musik, kebetulan tadi aku tidak lupa untuk membawa headset, ku ambil headset didalam tasku, ku tancapkan di daun telingaku dan ku putar musik secara acak, ada banyak sekali genre lagu yang ada di handphone ku, ku lihat dilayar handphone ku ada gambar gelombang yang naik dan turun sesuai nada tinggi rendah dan suara pelan ataupun kerasnya, tak beraturan naik turun gelombangnya.     ...

Pengertian Chorus,Delay,Flanger,Reverb pada Adobe Audition

Chorus : Digunakan untuk menebalkan suara atau membuat satu suara menjadi banyak suara, efek ini seperti suara yang dihasilkan oleh paduan suara dimana setiap individu menyanyi pada pitch dan tempo yang sedikit berbeda satu sama lain tetapi menghasilkan suara yang kaya dan tebal. Saya memberi effect : -           Bass chorus : Lagu akan terdengar lebih nge-bass -           Acoustic duet : Lagu akan terdengar lebih ke-akustikan -           10 voices : Lagu akan terdengar seperti ada 10 orang yang menyanyikan lagu itu Delay : Digunakan untuk menghasilkan penundaan yang berulang-ulang dari suara aslinya. Saya memberi effect : -           Bounce : Lagu akan terdengar memantul -           Rockabilly : Lagu akan terdengar memantul tetapi lebih cepat...